Pesan Dan Kesan

IntiP Kelas

RUBRIK INTIP KELAS

Hello Sobat AKSI apa kabar nich ? Moga baik-baik aja yach (Amin). Sobak AKSI yang selalu setia dan tidak ingin ketinggalan berita-berita terbaru dan teraktual yang dikupas tuntas (he…he…kayak mau ngegosip aya yach…? secara dalam. Apanya yang mau dikupas tuntas? Ya berita dan informasinya dong. Oya, inget tidak Sobat terbitan AKSI kemarin kelas yang di Intip Kelas mana? Hayo masih inget tidak? Yapz betul banget, pasti kelas XII IA 2 kan. Kalo terbitan AKSI yang sobat baca kali ini, kelas yang kami Intip tidak begitu jauh berbeda kok. Cuma dihilangkan satu angka romawinya, yapz kelas XI IA 2. Mau tau kenapa? Simak aja liputannya!

Kenapa kelas XI IA 2 jadi kelas yang kami intip, jawabannya coz be coz (kaya lagu aja …). Karena kelas yang baru ini, dan selatan kelas XI IA 1 ini, merupakan kelas istimewa. Mengapa istimewa? Karena para penduduknya yang membuat kelas ini menjadi kelas istimewa, jadi Tim Redaksipun tidak tanggung-tanggung untuk meliputnya.

Kenapa penduduknya istimewa? Lihat langsung yuk selengkapnya disini :

1. Awang Sunaryo

Adalah ketua Umum OSIS periode 2009/2010 yang baru saja dilantik saat upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-81 pada tanggal 28 Oktober 2009 lalu. Dia dalam kepengurusan OSIS lama atau masa bakti 2008/2009 juga menjabat menjadi ketua 2 OSIS, hebat kan? Jiwa kepemimpinannya sudah terlihat saat Dia menjabat ketua 2 (weh…weh keren bangetz). Selain itu, dia saat upacara memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-64 menjadi Komandan PASKIB.

2. Asih Tri Marini

Cewek yang satu ini, juga tidak kalah hebatnya loh, terbukti dia dinobatkan juga sebagai penggantinya Mbak Umi Sangadah XII IA 1, tau tidak? Harus tahu dong.Yapz jadi ketua 1 OSIS masa bakti 2009/2010. Ketua umum dan ketua satunya saja di kelas ini gimana kelas ini tidak hebat dan istimewa.

3. Astu Rohmat Nugroho

Cowok yang satu inipun tidak kalah hebatnya, terbukti Astu Rohmat Nugroho atau yang sering disapa ASTU ini menjadi sekretaris 1 OSIS masa bakti 2009/2010. Weleh….weleh pengurus inti OSIS pada ngumpul disini.

4. Sherly Widiastuti

Cewek yang satu ini adalah pengganti mbak Diastuti Romining Tyas kelas XII IS 4, yaitu Pradana Putri periode 2009/2010. Yang baru saja dilantik hari Minggu tanggal 1 Oktober2009.

5. Ika Yeni

Cewek yang memiliki rambut panjang terurai ini juga tidak kalah sama rekan-rekannya. Cuman bedanya, Ika Yeni atau Ika ini bukan pengurus OSIS tapi ikut dalam kepengurusan ROHIS. Kenapa tidak kalah hebat? Karena yang sering disapa Ika ini memiliki jabatan menjadi Sekretaris di ROHIS masa bakti 2009/2010.

6. Puji Rahayu

Cewek yang sering disapa Puji ini juga tidak kalah hebat, karena dalam kepengurusan AKSI dia diberi kepercayaan untuk menjabat sebagai sekretaris AKSI periode 2009/2010.

Di kelas ini juga anggota PASKIB (Pasukan Pengibar Bendera-red) anggotanyapun tidak kalah hebat, karena di kelas ini anggota Paskibnya sekitar 7-8 orang. Dalam DA (Dewan Ambalan-red) kelas XI IA 2 merupakan kelas yang juga memiliki anggota CADA (Calon Dewan Ambalan-red) terbanyak, yaitu 9 orang CADA.

Tidak hanya dalam organisasi saja kelas ini hebat, tapi juga dalam Academic mereka hebat-hebat. Kenapa? Karena di kelas XI IA 2 ini terdapat Sidik Jayadi yang tidak lain adalah pemegang juara umum 1 dan juga Rejeki Nur Wulan adalah pemegang juara umum 2. Dalam nilai rata-rata Mid Semester lalu hasilnyapun lumayan baik.

Kelas yang terbilang penduduknya istimewa ini, tempat yang dihunipun (ruang kelas-red) juga tidak kalas istimewa, terbukti saat Tim Redaksi mengintip, terdapat Aquarium menyambut di depan pintu. Keadaan kelaspun sejuk, nyaman dan bersih. Dengan begitu kegiatan belajar mengajar atau KBM bisa berjalan lancar.

Ya sobat mungkin cukup itu aja yach Intip Kelas kali ini. Kami Tim Redaksi mengucapkan terima kasih kepada kelas XI IA 2 yang wali kelasnya tak lain adalah Bapak Priyo Wartono, S.Pd.

Bagi sobat-sobat yang ingin kelasnya di Intip, so buat kelas kalian semenarik mungkin dan sebagus mungkin. Dan tunggu kedatangan kami dikelas sobat-sobat sekalian. Apabila ada banyak kata-kata yang kurang berkenan dalam liputan ini, kami dari Tim Redaksi Majalah AKSI mohon maaf.

Tim Redaksi

Tata “n” Okta

Kerohanian

RUBRIK KEROHANIAN
'SYARI’AT BERKURBAN

KORBAN adalah hewan (berupa unta, sapi atau kambing) yang disembelih pada hari raya Idul Adha dan hari-hari tasyriq, dengan niat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ayat Al Qur’an di bawah ini menjadi dasar syari’at penyembelihan hewan korban.
“Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Rabbmu dan berkurbanlah.” (Al Kautsar : 1-2).
Ibnu Jarir mengartikan ayat tersebut sebagai berikut : “Jadikanlah shalatmu ikhlas hanya untuk Allah semata dengan sama sekali tidak mengharapkan kepada selain daripada-Nya. Demikian juga korban yang kamu tunaikan, niatkanlah hanya untuk Allah, tidak untuk berhala-berhala, sebagai realisasi syukur atas apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu yang tak terhingga banyaknya.”
Dalam hadist Aisyah ra. disebutkan bahwa Rasulullah SAW. bersabda :
“Sesungguhnya pahala sedekah itu telah sampai kepada Allah sebelum sampai ke tangan orang yang menerima, dan darah hewan korban telah berada dalam tempat disisi Allah sebelum ia mengalir di tanah. (HR. Ibnu Majah).
Begitulah berkat keutamaannya, Allah segera menetapkan pahala berkorban walaupun pisau baru digesekkan pada leher hewan itu, sebelum darahnya membasahi tanah. Hal itu merupakan balasan atas ketaatan orang yang berkorban dalam memenuhi seruan Allah. Mereka telah mengorbankan hartanya agar terhindari dari cengkeraman sikap bakhil yang pada dasarnya merupakan tabiat asli manusia, seperti difirmankan Allah (lihat surat An Nisa’: 128). Namun melalui ibadah korban, manusia akan hidup lapang dalam kedermawanan. Firman Allah :
“… dan barang siapa dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (Al Hasyr : 9).

Hukum Berkorban
Hukum berkorban adalah sunnah muakkadah dengan dalil hadist dari Ummu Salamah yang menyebutkan bahwa Nabi SAW bersabda :
“Jika kalian telah memasuki hari raya tanggal 10 Dzulhijjah, dan salah satu dari kalian ingin berkorban, hendaknya ia tidak memotong rambut dan kukunya.” (HR. Muslim).
Ungkapan “ingin berkorban” dalam hadist di atas menunjukkan kebijaksanaan dan pengampunan Allah terhadap orang yang belum mampu menunaikan korban. Namun yang menjadi pertanyaan, bagaimana hukumnya jika berkorban tidak diniatkan sebelum datangnya Id atau niat itu baru muncul—sebab Allah baru mendatangkan rezeki—pada hari pertama atau kedua Id? Dalam hal ini anda tidak ada masalah untuk menunaikan korban. Artinya hukum korban menjadi mustahab (lebih disukai).
Sebagian ulama madzab Hanafi berpendapat bahwa berkorban hukumnya wajib bagi orang yang memiliki nisab zakat. Acuan mereka adalah hadist shahih yang berbunyi :
“Barangsiapa berkelebihan (dalam harta) tetapi tidak menyembelih hewan korban, janganlah dia mendekati masjidku.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).
Jumhur ulama menilai bahwa hadist tersebut mauquf dan tidak sampai kepada Rasulullah SAW. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa syari’at berkorban itu hukumnya sunnah ain untuk setiap individu muslim dan sunnah kifayah untuk setiap keluarga muslim.

Pembagian Daging Korban
Setelah disembelih, daging korban dibagikan kepada fakir miskin hingga berada di luar desanya jika memang membutuhkan. Yang berkorban boleh menyimpan sepertiga daging itu untuk persiapan beberapa hari sesudah Id. Jika tidak, daging itu bisa ditambahkan ke dalam bagian fakir miskin atau dihadiahkan kepada famili. Sepertiga yang lain untuk diri sendiri dan keluarga, tetangga, atau teman karib. Dengan demikian semua merasakan berkah dari sebuah ketaatan dan sunnah sekaligusu mempererat jalinan ukhuwah islamiyah. Dalam hadist disebutkan :
“Makanlah dari daging korban itu dan berikanlah kepada fakir miskin serta simpanlah. (HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi).
Kisah dari Abu Ayyub barangkali dapat dijadikan gambaran tentang pembagian daging korban ini. Menurutnya pada zaman Rasulullah SAW. terdapat seorang laki-laki yang menyembelih korban untuk dirinya dan keluarganya. Dia memakan dan membagian daging korban itu kepada fakir miskin sehingga yang lain pun berlomba-lomba melakukan korban. Mereka beruswah kepada Rasulullah SAW. yang memberi makan keluarganya dari hewan korban yang disembelihnya.
Berangkat dari hikmah merasakan daging korban dan amalan Rasulullah SAW. dalam kisah diatas, sebagian ulama berpendapat bahwa memakan daging korban hukumnya wajib. Artinya daging korban tidak boleh diberikan seluruhnya kepada fakir miskin. Ibnu Abbas meriwayatkan, Rasulullah SAW mengambil sepertiga dari daging korban untuk keluarganya. Kemudian beliau memberikan sepertiga lagi kepada fakir miskin, dan sepertiga yang lainnya kepada orang yang membutuhkan.
Pendapat yang tergolong kuat mengatakan, pembagian daging korban seperti yang dilakukan Rasulullah SAW tersebut tidak wajib, namun hal itu baik dilakukan demi keutamaan sunnah Rasul. Bahkan Ibnu Taimiyah dalam Fatawa Kubra menyatakan bahwa memakan daging korban sendiri lebih baik dari bershadaqah.
Orang yang berkorban tidak boleh mengambil sebagian dar korbannya untuk dijual maupun dijadikan “upah” jagal. Bila jagal ingin ikut menikmati daging korban maka kita dapat memberinya melalui undangan makan yang sajiannya daging korban, agar dia dan keluarganya turut gembira. Hikmah yang dapat diambil dari ketentuan itu adalah kebersamaan dan tolong menolong dalam kebaikan yang dilakukan karena Allah semata. Dalam syariat dikatakan bahwa jagal tidak berhak memperoleh bagian dari daging korban, termasuk “kulitnya” walaupun dikatakan sebagai upah. Berkata Ali ra. :
“Rasulullah menyuruhku untuk menangani unta korban dan membagikan kulit dan penutup tubuhnya serta melarangku memberi jagal sesuatu daripadanya. Beliau berkata, “Kita memberi dia upah dari kita sendiri.” HR Muttafaq alaih).
Wallahu a’lam.

Dikutip dari :
Bulletin Dakwah ITTIBA’

English Course

RUBRIK ENGLISH COURSE AND FOREIGN LANGUAGE

Ni Shenti hao ma sobat AKSI? (pada tau ga’ nich artinya?). Pasti langsung ya? Oke ga’ papa kalo sobak AKSI masih bingung dan mungkin ga’ tahu artinya apa, dan berfikir cuma bikin pusing aja. Eiets tunggu dulu sobat, jangan nyerah gitu dong. Karena inilah saatnya Tim Redaksi Majalah AKSI meluncurkan (kayak pesawat aja yach!) kosakata-kosakata dari berbagai bahasa, seperti bahasa Mandarin, Jepang, dan Inggris. Bukan berarti terus kita melupakan bahasa persatuan kita yaitu Bahasa Indonesia, karena disamping bahasa-bahasa asing di atas kita juga memberikan translate Bahasa Indonesianya lah … (ntar kalo ga’ dikasih tahu Bahasa Indonesianya, kita juga ga’ tahu artinya kan? he..he…).
Dengan belajar bahasa, kita dapat berkomunikasi tanpa batas (betul ga’?) Bahasa Mandarin adalah bahasa Internasional ke-2 setelah Bahasa Inggris, so pentingkan! Dan ini menunjukkan walaupun sekolah kita sekolah “pinggiran” tapi kita “tidak terpinggirkan” langsung ajach ya …. ini……..

Keterangan : + Bahasa Mandarin
# Bahasa Jepang
> Bahasa Inggris
< Bahasa Indonesia

1. + Zao an !
# Ohayo gozaimasu !
> Good morning !
< Selamat pagi ! 2. + Ni Zao !
# Ohayo !
> Good morning !
< Selamat pagi !
3. + Xia Wu hao !
# Konnichiwa !
> Good afternoon !
< Selamat siang ! 4. + Wan Shang hao
# Konbanwa
> Good evening
< Selamat malam
5. + Wan an
# Oyasuminasai
> Good night
< Selamat tidur 6. + Ni hao
# Hajimemashite
> How do you do?
< Hallo (salam perjumpaan)
7. + Ni hao ma ?
# Anata wa genki desuka ?
> How are you ?
< Apa kabar ? 8. + Ni shenti hao ma ?
# Ogenki desuka/Ikaga desuka ?
> How are you (feeling) ?
< Bagaimana keadaanmu ?
9. + Wo hen hao
# Watashi wa genku desu
> I am fine
< Saya baik-baik 10. + Wo hin hao, ni ne ?
# Watashi wa genki desu. Anatawa
> I am fine, and you ?
< Saya baik-baik, kamu ?
11. + Wo ye hao
# Watashi mo genki desu
> I am fine too
< Saya juga baik-baik 12. + Wo ye
# Watashi mo
> Me too
< Saya juga
13. + Xie xie ni
# Arigato gozaimasu
> Thank you
< Terima kasih 14. + Tai xie xie le
# Do mo arigato gozaimasu
> Thank you very much
< Terima kasih banyak
15. + Xie xie
# Arigato
> Thanks
< Terima kasih 16. + Bu xie
# Doitashimashite
> You are welcome
< Terima kasih kembali

17. + Bu yong xie
# Kochira koso
> Do not mention it
< Tidak perlu berterima kasih 18. + Zai jian
# Sayonara
> Good bye
< Selamat tinggal/sampi jumpa
19. + Mingtian jian
# Mata ashita
> See tomorrow
< Sampai besok/sampai
bertemu besok 20. + Qing wen
# Sumimasen
> Excuse me
< Maaf/permisi/numpang tanya
21. + Duibuai
# Gomennasai
> I am sorry
< Maaf/ menyesal 22. + Meiguanxi
# Daijobu desu
> It does not mattler
< Tidak apa-apa
23. + Qing
# Do zo
> Please
< Silahkan/ tolong 24. + Huangying
# Irassahi/irasshaimase
> Welcome
< Selamat datang
25. + Qing jin
# Do zo haitte kudasai
> Please come in
< Silahkan masuk
Disadur dari : Metode Cepat Menguasai 4 Bahasa Sekaligus
Oleh :
Muryani J. Semita


CONJUNCTIONS

CONJUNGCTION ialah kata sambung yang dipakai untuk menghubungkan / menggabungkan kata-kata, frasa atau klausa dalam sebuah kalimat. Dan kebanyakan dari conjuction ini berasal dari parts of speech yang lain, khususnya dari preposition.
(7) Both – and padanannya adalah baik …. maupun, bisa digunakan melengkapi subjek atau predikat:
- Both Nina and Susi will go to the campus.
- We can both read and write English.
- She is both beautiful and intelligent.
(8) Neither – nor padanannya dalam bahasa Indonesia: baik….maupun….tidak atau tidak….dan juga tidak….
- Neither Tom nor Agnes speak Indonesian. (Baik Tom maupun Agnes tidak berbicara bahasa Indonesia).
- Tom neither speaks nor reads Indonesian. (Tom tidak berbicara dan juga tidak membaca bahasa Indonesia).
- Tom speaks neither Indonesian nor Malaysian. (Tom tidak berbicara bahasa Indonesia maupun bahasa Malaysia).
(9) Not only – but also atau not only – but – as well terjemahannya adalah tidak hanya (saja) …. tetapi (melainkan) juga …
- Mrs. Todd not only told the students to do the exercise but also helped them. (Ibu Tood tidak saja menyuruh kepada para pelajar untuk mengerjakan latihan-latihan itu, tetapi juga membimbing mereka).
- Anne not only speaks carefully but clearly as well. (Anne tidak hanya berbicara dengan hati-hati, tetapi juga jelas).
a. Subordinate conjunction
Subordinate conjunction ialah kata sambung yang digunakan untuk menggabungkan anak kalimat (subordinate clause) dengan induk kalimat (main clause). Kebanyakan dari sub ordinate conjunction ini berasal dari preposition, khususnya conjunction of time (yang menunjukkan bentuk waktu: before, after, until, since dan as.
Untuk lebih jelasnya, kita perhatikan contoh berikut ini :
(1) After (setelah, sesudah):
- My parents come after night had fallen. (Orang tuaku datang setelah malam larut).
- I never saw her again after she left village. (Saya tidak pernah melihatnya lagi setelah ia meninggalkan desa ini).
(2) Although/though (walaupun, meskipun, kendatipun):
- Although I love her very much I can’t possibly marry her. (Walaupun saya sangat mencintainya, saya tidak mungkin dapat menikahinya).
- She listened to me patiently though she was angry. (Ia mendengarkan kepadaku dengan sabar meskipun ia marah).
(3) As (karena):
- As he was ill, he couldn’t come. (Karena ia sakit, ia tidak mungkin datang).
- As Jane was here, I will ask her to go to campus early. (Karena Jane ada disini, saya menyuruhnya untuk pergi ke kampus duluan).
(4) Because (karena):
- She took her umbrella because it was raining. (Ia membawa paying karena hujan).
- He succeeded because worked hard. (Ia sukses karena bekerja keras).
(5) Before (sebelum):
- I shall come before she come. (Saya akan datang sebelum ia datang).
- She bought her ticket before she caught the train. (Ia membeli karcis sebelum naik kereta).
(6) If (jika, kalau, seandainya):
- If you would come to tea, I should be so pleased. (Jika anda datang untuk minum teh, saya akan senang sekali).
- I don’t know if she lives here. (Saya tidak tahu kalau ia tinggal di sini).
(7) Since (karena):
- Since I believe her story, I shall help her. (Karena saya mempercayai ceritanya, saya akan menolongnya).
- Since we were late, we didn’t get any food. (Karena kita terlambat, kita tidak mendapat makanan).
(8) That (bahwa):
- I forgot that she was coming today. (Saya lupa bahwa ia akan datang hari ini).
- She’s worried that you might hurt yourself. (Ia khawatir bahwa kau menyakiri dirimu sendiri).
(9) Till/until (hingga, sampai), till biasanya dipakai dalam bahasa percakapan (informal), sedangkan until dipakai dalam bahasa tulisan (formal). Perhatikan:
- Let’s sit here till the sun sets. (Mari kita duduk di sini sampai matahari terbenam).
- Everybody in Britain has to go school until they are sixteen years old. (Setiap orang di Inggris harus pergi ke sekolah (bersekolah) sampai berumur enam belas tahun).
(10) When (ever) (bilamana, bila, ketika):
- We’ll start the meeting when everyone’s here. (Kita akan memulai rapat bila orang-orang telah ada di sini).
- We can leave when (ever) you are ready. (Kita bisa berangkat bilamana engkau sudah siap).
(11) While (walaupun, sementara, sedang):
- I left the room while she was sleeping. (Saya meninggalkan kamar sementara ia masih tidur).
- While she was eating her lunch, the fire alarm rang suddenly. (Ketika ia sedang makan siang, tanda bahaya kebakaran tiba-tiba berbunyi).

Sebenarnya masih banyak kata sambung yang termasuk dalam kelompok subordinate conjunction, namun kita hanya mengambil 12 conjunction jenis ini lebih lanjut, pembaca dipersilakan untuk membuka Bab 11 bagian b tentang adverb clauses.

Profil

PROFIL

Nama : Drs. Sahana
Alamat : Rt 02/01, Tawangrejo, Bayat,
Klaten
TTL : Klaten, 05 November 1965
Agama : Islam
Profesi : Kepala Sekolah

Hai sobat AKSI ogenki desuka? luar biasa kan? Oh ya sobat AKSI jumpa lagi nich di rubrik Profil. Untuk profil kali ini kami tim redaksi berhasil mewawancarai orang nomor satu di sekolah ini lho? Siapa lagi kalau bukan bapak Kepala Sekolah kita tercinta, Bapak Drs. Sahana. Karena kesibukan beliau yang begitu banyak jadi sebelumnya tim redaksi mohon maaf ya apabila dalam wawancara nanti tim redaksi kurang begitu lengkap dalam menyampaikan hasil wawancara. Langsung aja ya sobat nich interview kami :
 Selamat siang pak.
 Selamat siang.
 Maaf pak kami mengganggu sebentar, kami dari tim redaksi majalah AKSI ingin mewawancarai Bapak untuk rubrik profil kali ini.
 oh iya silahkan.
 Langsung saja ya pak, tolong Bapak ceritakan study Bapak dari dulu hingga sekarang.
 Baik, dulu saya bersekolah di SD Tawangrejo, Bayat, setelah itu melanjutkan ke SMP N 1 Trucuk untuk SMA-nya di SMA Cawas dan kuliah di UNS selama 3 tahun dan Alhamdulillah juga selama bersekolah tidak pernah tinggal kelas.
 Untuk sekarang kedengarannya sedang ambil S2 ya Pak?
 Iya Alhamdulillah masih ambil S2.
 Selanjutnya bagaimana prestasi Bapak selama bersekolah?
 Ya biasa saja tapi Alhamdulillah SMP masuk 5 besar dan SMA bisa 1 besar.
 Bagaimana perjalanan Bapak hingga bisa mengajar dan menjadi Kepala Sekolah di sini?
 Dulu tahun 1987 saya lulus, lalu mendapat SK di SMA Cawas pada tahun 1988 mengajar Kimia. Terus pada Juli 2007 saya menjadi Kepala Sekolah di SMA Gantiwarno dan akhirnya pada tanggal 1 April 2009 menjadi kepala di SMA Negeri 1 Karangdowo ini.
 Selain menjadi Kepala Sekolah disini Bapak juga mengajar. Seberat apakah bapak mengemban 2 amanat yang begitu besar tersebut?
 Pekerjaan itu tergantung kita sendiri yang menilai dan merasakannya. Kalau menurut saya pekerjaan itu hendaknya dijalani dengan sebaik-baiknya.
 Bagaimana minat siswa-siswa mengikuti pelajaran Bapak yakni Kimia yang biasanya dianggap pelajaran yang sulit?
 Alhamdulillah mereka bisa antusias mengikuti pelajaran saya, karena banyak anak-anak yang memperhatikan penjelasan dari saya. Karena saya juga selalu menanamkan kepada para siswa bahwa Kimia itu sebenarnya tidak sulit tapi kebanyakan yang mempersulit adalah anak itu sendiri.
 Selama Bapak menjadi Kepala Sekolah disini, ada tidak Pak siswa yang bermasalah yang sampai ke tangan Bapak?
 Pada dasarnya anak di sini baik-baik. Paling kalau ada yang menyeleweng sudah bisa ditangani guru BK. Jadi tidak ada yang sampai ke tangan Kepala Sekolah.
 Sekarang beralih ke hal pribadi yang Pak, mohon ceritakan sedikit perihal keluarga Bapak!
 Saya mempunyai satu istri bernama Endang Hartani dan mempunyai 2 anak, anak pertama : Ardzian Via Rahman, yang kedua bernama : Hidayat Dwi.
 Kalau boleh kami tahu, siapa sich Pak orang yang paling berjasa dalam hidup Bapak?
 Tentunya kedua orang tua saya, tanpa mereka saya tidak akan bisa seperti ini selain itu juga tante-tante saya.
 Selanjutnya kegiatan Bapak selain menjadi Kepala Sekolah?
 Saya ikut BPD, RW, PNPM.
 Terakhir ini Pak, mungkin kesan pesan Bapak untuk SM Akita?
 Kesannya saya merasa senang dan bangga bisa menjadi bagian dari SMA N 1 Karangdowo.
Untuk pesannya :
- Kepada Bapak/Ibu Guru tingkatkan prestasi kerja.
- Kepada para siswa tingkatkan prestasi dan perbanyak belajar.
 Baik terima kasih Pak.
 Iya, sama-sama.

Okey Sob, mungkin itu dulu wawancara kami dengan orang nomor 1 di sekolah ini. Apabila ada kesalahan kami Tim Redaksi minta maaf ya ! Nantikan profil selanjutnya ya, Bye ………

Pantun

Puisi

Edisi Januari 2001

Dalam diamku ada rindu..

Di tepian hati kutulis rindu dalam diam,
Menguraikan bait demi bait...
Lalu bebas masuk dalam cintamu yanpa tanya dan ragu lagi..
Untuk apa ku ingkari nurani...
Kebersamaan dan kedekatan yang kita jalan...
Telah menumbuhkan binar-binar rindu stiap kita tak bertemu...
Apa yang tersisa dari perjalanan kita selama ini..??
Selain kangen dan rindu yang terus berontak dari kedalamanya...
Aku tersudut seorang diri,
Kupandangi langit yang luas tak terbatas...
Kuraba hati kembali,
Mengukur kangen dan rindu yang hinggap...
Untukmu...


by : cah manies XI IPS 2

To: orang yang aku sayang

PENANTIAN

Sekial lama ku mencari
sebuah hati yang kurindukan
Sekian lama ku menanti
dirimu yang ku impikan

Bimbang hati pun menjelma
Tatkala kau nyatakan cinta
Terucap kata janji setia
Membalut dua hati manusia

Badai hati pun menghalang
ombak pun menerjang
Namun cinta tetap bertahan
Bersimpuh direlung hati yang dalam

Kini perahu tlah ditambatkan
pada satu sisi kehidupan
masa yang terus berjalan
semoga menambah kedewasaan
dan cinta kan terus berjalan


by : cah caem di XC

To: Orang yang aku sayangi

aku kan selalu menunggu cintamu





ONE DAY LATER

One day later
My body will die
But in the distich of this poem
I wouldn’t acquiesce you alone

One day later
My voice wouldn’t be heard again
Yet, among rows of this poem
I will stead fast investigate you

One day later
My vision will be unrecognized again
Yet, in the letter cracks of this poem
I’ll look for you forever.


Sumber : Internet
By : Buket XI IA 3
Salam buat : - Some one di XI IS 2
makasih dah bikin
hariku berarti lagi.
N kurangin bandelnya ya beb!!!
- Buat temen-temennya BebieyQ tolong jagain dia yach …
- Tambah kompak ajah bwt temen-temenku di XI IA3. We’re the bes class.
- Buat redaksi, makasih.




CINTA DALAM HATI


Saat pertama aku melihatmu
Ada yang berbeda dalam hatiku
Entah apa yang aku rasakan
Hati berdebar tak karuan

Tapi mengapa …
Saat hatiku mulai merasa
Engkau bermesraan dengan dirinya

Betapa hancur rasa hatiku
Melihat kemesraanmu
Dan kini baru kusadari
Bahwa ini hanyalah “Cinta Dalam Hati”


By : Meef-tha cute’
Tjah XA
To : Plendz alu di kelas XA
(Yanik, Nike, Titi, dll)


Tambahin Gokilnya…!!!




LYLA “YANG TAK TERLUPAKAN”


TAKKAN ADA yang bisa menggantikanmu
Wahai MANTAN KEKASIHKU. Walaupun kamu
hadir hanya UNTUK SESAAT dan ku tak
bisa BERNAFAS TANPAMU. Dan di PETIK
TERAKHIR KUTEMUKAN PENGGANTIMU,
Mungkin dia adalah JANTUNG HATIKU
TERSENYUMLAH dan PERCAYAKAN hatimu
padaku. Kau DEWI CINTA yang BAHAGIAMU
UNTUKKU.



By. : Oktama
To : - Plend2 12 Ipa 3
- Para Lylaku smuanya
- Redaksi Thanx’s




ANTARA DUA CINTA


Apa yang ada jarang disyukuri
Apa yang tiada sering dirisaukan
Hikmah yang dikecap baru terasa bila hilang
Apa yang diburu timbul rasa jemu
Bila sudah didalam genggaman

Dunia ibarat air laut
Diminum hanya menambah haus
Nafsu bagaikan fatamorgana di padang pasir
Panas yang membahana disangka air
Dunia dan nafsu bagai baying-bayang
Dilihat ada ditangkap hilang

Tuhan….leraikanlah dunia
Yang mendiam didalam hatiku
Karena disitu tidak ku mampu
Mengumpul dua cinta
Hanya cinta-Mu kuharap tumbuh
Dibajai bangkai dunia yang kubunuh


Pebrian Rully A
XII IS 2




DUNIA


Inilah peringatan
Untuk diriku yang sering lupa
Dunia tak seindah dimata
Dunia bukan yang disangka
Dunia adalah negara beda
Penuh dengan tipu daya
Dunia penuh hampa
Dunia penuh gundah gulana
Dunia memang fana
Dunia hanya pura-pura
Dunia, …
Yang kecil ingin yang besar
Yang besar makan yang kecil
Yang miskin mau jadi kaya
Yang kaya miskin jiwa
Yang muda hilang malunya
Yang tua lupa usia
Yang lemah malas usaha
Yang kuat tindar sahaja
Dunia tak seindah di mata
Dunia bukan disangka

Pebrian Rully A
XII IS 2





MALAMKU

Angin datang dingin menerpa tubuhku
Berbisik-bisik mengusik indra pendengaranku
Berjuta bintang menyapaku dengan cahya kemilaunya
Seolah menyambut gelapnya malam
Malam …
Hangatkanku dengan selimut awan gelapmu
Buaikanku dengan mimpi-mimpi indah
Jagalah tidurku dengan malaikatmu
Malam …
Tubuh ini akan bersandar sejenak
Terjaga dalam dekapanmu
Untuk kembali menyambut hari esok


PANGGILAN HATI

Alunan bedug terdengar olehku
Gema adzan mulai berkumandang
Pertanda kebesaranmu
Lagi kemuliaan-Mu
Hati terpanggil mendengar panggilanmu
Ingin mengadukan segala rasa di hati
Bersujud menghadapmu penuh kepasrahan
Penuh harapan dan kepastian

CINTA …

Cinta …
Kau hadir tanpa menyapa
Menutup semua luka
Yang ada di dada
Mengubah perasaan jiwa
Yang tiada menjadi ada
Yang hilang menjadi datang
Yang terkubur menjadi bangun
Yang terkekang menjadi lapang
Cinta …
Ku tak ingin memilikimu
Jika kau seperti pasir pantai
Saat ku genggam erat kau hilang dengan perlahan
Terasa ada tapi tiada
Cinta …
Ku sambut kau
Jika kau seperti tanaman
Saat kau ku siram kau semakin besar
Samkin ku merawat kau semakin erat
Dulu tiada menjadi ada
Cinta …
Kaulah pemilik cinta
Kepada-Mulah cinta yang kekal
Tak semu juga tak jemu
Ku tak ingin memiliki cinta lebih dari
Cintaku pada-Mu
Karena ku ingin mencintainya karena-Mu
Bukan mencintai-Mu karenanya …

By. Some One

Bahasa Jawa

RUBRIK BAHASA JAWA

“GEGURITAN”

Marang Kamulyan sing sesingidan
Ngranggeh pepesthen sing katut kumantil
ing pandom wektu
Yagene lakuku sru katingset ing uleganing pepalang
Karep kerep cabar mbujung kumlebating agen-angen
Sing asring nglelaga klawan lamising ewon memanis

O, kamulyan…
Anehe awakmu sing tan kasat mata kathik sesingidan
ing angina
Selinthutan ing pucuking wewadi-rina apadene wengi
Ngumbara saselane irat-irataning daya lan napas
Jethungan ing geter srengenge lan suwalike sorot rembulan

Kudu menyang ngendi aku nungsung gandamu
Rikala jangkah ringkih kabotan sanggan bebendu
Laladan wis malik bebondhotaning alang-alang
Ati karuban daya kanggo njlumati klarasing gantha
Jiwa jiwa salin slaga paran landhep pethanging warastra

O, kamulyan
Apa aku kudu rubuh ing jembaring pabaratan iki
Tinancepan dening jembaring wewadimu
Pener ing jaja tumembusing palung kalbu

Mring impenku lan impenmu

Rembulan maksih kasdu nyoloki laku wengi kekes samun
Samangsane sliramu kumlesik ing pangkonku
Sarta kanthi tembung perih njarwakake saglugut
werdi tresna
Sasat bratajaya ngidung lungiding kapang mring
dananjaya

Rembulan maksih kasdu nyoloki laku wengi kekes samun
Dakrasa lirih tumiyup ing getering kuncup-kuncup mlathi
Impenku lan impenmu nyabrang ing sepine
taman sriwedari
Nlusur ing ngendi nate kaukir prasetyane kakrasana
mring sumantri
Apa isih ana salembar karila-legawan
negesake
satengu kaendahan
Kang dadi wungkusing prasetyaning atiku lan atimu

E, nimas
Miangka nambal kacuwan daktulis gurit iki
Kekancan perih, sineksen aburing lawa nrabas
sela-sela pang ringin
Usapen ketesing luhmu, elusen perihing dhadhaku
Mbokmenawa isih kasisan dina sesuk
Ana sagumuk ati dadi tlatah tetegaraning impenku
lan impenmu.

SASTRA JAWA LISAN LAN TULIS
ING JAMAN MODHEREN

Sastra Jawa gagrak anyar utawa sastra Jawa modheren nyakup sastra lisan lan sastra tulis. Miturut andharan ing buku Bunga Rampai Sastra Jawa Mutakhir, karyane JJ Ras, weton Grafitipers, kalorone uga nyakup sastra tradisional.
Ing jagad sastra lisan sing wujude kayadene wayang, kethoprak, kentrung,ludruk lan sapanunggalane cetha isih nuduhake werna tradisional, kacihna wus akeh sing kawungkus ing sangit-sanggit anyar sing jumbuh kaanan jaman modheren iki.
Sinebut tradhisional jalaran isi critane isih ana gandheng cenenge karo naskah-naskah sastra Jawa kuna utawa klasik. Saliyane kuwi, ing pagelarane sok-sok uga isih kawengku ing pranatan lawas sing kabiji minangka pathokan baku.
Dene sing saiki lumrah karan sastra Jawa gagrak anyar, miturut andharan ing buku kuwi, ora liya karya sastra Jawa sing kaperbawan dening gagrak sastra negara-negara kulonan kayadene novel, cerita cekak (Cerkak), esai utawa andharan tinulis babagan tinamtu lan guritan sing asipat bebas.
Ngrembakane sastra Jawa gagrak anyar iki, miturut “Begawan sastra Jawa”, Suparto Brata, nalika medhar andharan ing sawijining wicarana ngrembug jagad sastra Jawa ing Pendhapa TBJT Solo, sawetara wektu kapungkur, kawitane nalika jaman kolonial Walanda pancen rada alon.
Kaanan iki pancen ora nggumunake jalaran sastra gagrak anyar utawa sastra Jawa modheren kuwi asale saka negara manca lan lumebu ing wewengkon budaya Jawa nalika bebrayan agung Jawa during mbutuhake lan uga during gelem nampa.
Kawitan ngrembakane sastra Jawa tulis gagrak anyar iki banjur nuwuhake lan ngrembakakake crita-crita fiksi sing asipat minangkap piwulang. Crita gancaran sing asipat nglelipur nalika kuwi during ngrembaka. Sabanjure nalika madeg bebadan Balai Pustaka, jagad sastra Jawa sansaya ngrembaka. Wiwit taun 1936 sastra Jawa gagrak Cerkak wiwit tuwuh lan ngrembaka.
Sawise kamardikan,utawa sawise tahun 1945, gagrak novel, Cerkak lan gurtitan sansaya ngrembaka ing madyaning bebrayan agung Jawa. Kaanan iki kasengkuyung dening revolusi sosial, sansaya ningkate kabisan maca lan nulis lan sansaya sithike sastra Jawa klasik sing ana ing madyaning bebrayan agung Jawa.
Dene surute sastra Jawa klasik iki, miturut Suparto, jalaran ora ana babaran buku anyar sing ngemot naskah-naskah sastra Jawa klasik. Saliyane kuwi uga sansaya sithik wong Jawa jaman modheren sing nguwasani ilmu basa Kawi minangka basa sastra Jawa klasik.
Wiwit taun 1960-an tuwuh lan ngrembaka ariwarti lan kalawarti abasa Jawa. Antarane yakuwi kalawarti Kembang Brayon (Yogyakarta, 1966), Jaka Lodhang (Yogyakarta, 1967), Kunthi (Jakarta, 1969), Dharma Kandha (Surakarta, 1971), Dharma Nyata (Surakarta, 1971), Parikesit (Surakarta, 1971) lan Kumandhang (Jakarta, 1973).
Dene ing titi wanci pungkasan iki, cacahe kalawarti abasa Jawa gampang banget dipetung nganggo driji tangan. Antarane Jaka Lodhang, Panjebar Semangat, lan Jaya Baya. Yang kalawarti-kalawarti sing sithik banget cacahe kuwi sing nganti saiki panggah dadi “saka gurune” sastra Jawa gagrak anyar awujud Cerkak, guritan lan esai.

DITYA SAPUANGIN MANUGGAL KARO
JIWANE ARJUNA

Ditya Sapuangin miturut jagad pedhalangan Jawa awujud jin denawa utawa raseksa sing nglungguhi jejering senapati perang ing negara Mertani sing kabawah ing panguwasane Prabu Yudhistira.
Negara Mertani dhewe sawijing krajan siluman sing ing pandulu mata manungsa lumrah ora bakal katon, utawa tan kasat mata. Wujude negara Mertani dhewe arupa alas gung liwang liwung sing angker lan wingit.
Nalika alas Mertani sedya ditelukake dening kulawarga Pandhawa, Ditya Sapuangin maju ngadhepi para Pandhawa. Lan kanyata jin denawa iki pancen sekti mandraguna, dhug-dheng temen-temen.
Bebarengan karo Arya Dananjaya, Ditya Sapuangin kasil ngasorane kridhane Werkudara utawa Arya Bima. Kepara nalika kuwi Ditya Sapuangin kasil ngrangket Werkudara, Nakula lan Sadewa.
Kabiyantu daya kasektene lenga Jayangkaton, peparinga Begawan Wilawuk, ula naga sing duwe swiwi saka Pertapan Pringgondani, wusana Arjua kasil ngluwari Werkudara, Nakula lan Sadewa saka pangrangkete Ditya Sapuangin.
Lenga Jayangkaton kuwi yen dioserake ing tlapukan mata, njalari matane sing duwe lenga kuwi bakal kuwawa ndulu samubarang titah lan barang kang asipat alus lan tan kasat mata.
Wusana Ditya Sapuangin nemahi pati nalika andon yuda mungsuh Arjuna. Arwahe Ditya Sapuangin manunggal karo jiwane Arjuna. Arwahe Ditya Sapuangin ing pribadine Arjuna kuwi nuwuhake perbawa kasekten sing arane aji sepiangin.Yen Arjua wus matek aji sepiangin iki dheweke bakal kuwawa mlaku sing rikat banget kadidene playune angin.

Dikutip dari : SoloPos

Sejarah Kita

RUBRIK SEJARAH KITA

Hallow… Aksi lovers semuanya. Gimana punya kabar?? kabar punya gimana?? he..he…!!
Pasti semuanya sehat donk!!? Sebelum kami menjelaskan, kami mau tanya kepada Aksi lovers semuanya, sudah tahu belum sejarah berdirinya SMA N 1 Karangdowo ini??? Mari kita baca cerita singkat tentang : “Sejarah Berdirinya SMA N 1 Karangdowo” pada rubrik sejarah ini.
Riwayat singkat berdirinya SMA N 1 Karangdowo :
Hari Jum’at tanggal 19 Oktober 1984 di pendopo Kantor Kecamatan Karangdowo diadakan pertemuan kader GOLKAR, untuk memperingati HUT Golkar yang ke-20. Acara ini dihadiri + 60 orang. Setelah selesai pertemuan, Bapak Camat Sumarno, BA memberikan informasi yang ditujukan kepada anggota Komcat Golkar dan beberapa Kades untuk membahas tentang pendidikan di Kecamatan Karangdowo. Lalu beberapa orang berkumpul secara khusus untuk membahas SMA di Karangdowo, mereka yang berkumpul diantaranya :
Bp. Sumarno, BA
Bp. Drs. IG. Sumarmo
Bp. Sihmanto LH
Bp. Mulyadi BE
Bp. B. Sutomo
Bp. Sugito Joko Santosa
Bp. Drs. Herman Suminto
Bp. Gito Pawiro
Bp. Darmo Wiyoto
Bp. Ratno Subroto, BA
Tentang keberadaan SMA di Karangdowo sangatlah diperlukan, maka segera ditanggapi oleh peserta rapat, lebih-lebih Bp. Ratno S. BA mempunyai hubungan baik dengan Bp. Drs. Winarno Amiseno (Staf ahli menteri pendidikan dan kebudayaan di Jakarta). Kemudian beliau mengharapkan dapat menyembadani untuk memperoleh Unit Gedung Baru SMA Negeri untuk Kecamatan Karangdowo. Atas kehendak beliau kemudian dibentuk :
I.Panitia perintis pendirian SMA Karangdowo
Pada hari Kamis, 25 Oktober 1984 dengan susunan sebagai berikut:
A.Ketua : Sumarno, BA (Camat Karangdowo)
Wakil ketua : 1. Drs. IG. Sumarno
Komcat Golkar tingkat II Klaten
2. Sihmanto LH (Kades Munggung)
B.Sekretaris : 1. Sugito Joko Santosa (Kades Karangjoho)
2. Drs. Herman Suminto (Kades Karangdowo)
C.Bendahara : 1. B. Sutomo (Kades Bakungan)
2. Mulyadi BE (Kades Sentono)
D.Bagian pengadaan tanah
1.Gito Pawiro (Kades Tambak)
2.Darmo Wiyono (Kades Karangwungu)
II.Membuat surat permohonan paket UGB
SMA Negeri Karangdowo, yang ditujukan kepada menteri pendidikan dan kebudayaan, selanjutnya hari Sabtu, 27 Oktober 1984 diadakan pertemuan di rumah Bp. Winarno Amiseno (Solo).
Adapun hasilnya sebagai berikut :
1.Pentingnya keberadaan SMA di Karangdowo
2.Tersedianya tanah lokasi sekolah di Desa Sentono
3.Segera diadakan tindak lanjut persiapan pendirian SMA untuk Karangdowo.
Hari berikutnya, Minggu, 28 Oktober 1984 diadakan pemeriksaan sekolah oleh Bp. Winarno Amiseno. Senin, 29 Oktober 1984 pembuatan surat permohonan paket Unit Gedung Baru SMA Karangdowo bernomor : 01/Pdn.SMA/10/84 yang ditujukan MenDikBud di Jakarta.
Pada bulan April 1985 DIP Paket UGB SMA N Karangdowo telah turun dan diterima oleh Pemda tingkat II Klaten (Bp. Sumanto). DIP tersebut, direvisi dengan pengalihan paket untuk Kecamatan Jogonalan dengan alasan lebih strategis. Pengalihan paket tersebut kemudian ditanggapi oleh panitia dengan harapan tetap di Kecamatan Karangdowo. Kemudian diadakan pertemuan oleh panitia tersebut, dengan menambah personil panitia :
1.Bp. Bujo Mulyono (Kades Ngolodono)
2.Bp. Drs. Sudiono (Kepala SMPN 2 Karangdowo)
Keduanya tersebut masuk dalam seksi pengadaan tanah. Kemudian panitia segera menemui Bupati untuk menuntut UGB SMA tetap di Karangdowo, untuk hari berikutnya Bp.Ratno Subroto, BA (Tokoh masyarakat Sentono) beserta panitia, tetap meminta kepada Drs. Winarno Amiseno UGB Karangdowo untuk Karangdowo. Akhirnya Bapak Bupati berkenan mencabut revisinya atas permintaan Bp. Winarno Amiseno dengan catatan untuk tahun berikutnya diberikan kepada Jogonalan. Dengan keberhasilan tersebut maka tahun ajaran 1985/1986 panitia, diizinkan mulai menerima pendaftaran murid baru SMA N Karangdowo.
Murid kelas satu (I), pertama berjumlah 3 kelas, setiap kelas terdiri atas 40 orang siswa. Atas inisiatif Bp. Sihmanto sekolah untuk sementara waktu menempati lokasi di Desa Munggung, sambil menunggu pembangunan gedung sekolah yang diharapkan surat keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan RI turun bernomor : 0601/0/1985, tertanggal 22 November 1985, dengan demikian resmi SMA N Karangdowo telah berdiri bersamaan dengan 14 SMA lain di Jawa Tengah, maka tanggal 22 November 1985 diakui sebagai hari jadi berdirinya SMA Negeri 1 Karangdowo.
Para pejabat, kepala sekolah dari masa jabatan ke masa jabatan berikutnya sejak berdiri-sekarang :
1.Bp. Soepomo Adi BA masa jabatannya dari bulan Juli 1984-April 1987.
2.Bp. Slamet Widodo BA masa jabatanya dari bulan April 1987-Oktober 1989.
3.Bp. Zelan, masa jabatannya dari bulan Oktober 1989-April 1994.
4.Bp. Drs. Supito masa jabatannya dari bulan Mei 1994-April 1999.
5.Bp. Drs. Lasa masa jabatannya dari bulan April 1999-November 2001.
6.Bp. Drs. Sumarno masa jabatannya dari bulan November 2001- Oktober 2005.
7.Bp. Drs.Tantyo Hatmono, M.Pd masa jabatannya dari bulan Oktober 2005-April 2009.
8.Bp. Drs. Sahana masa jabatannya dari bulan April 2009-sekarang.

OK…itu tadi cerita singkat dari “Sejarah berdirinya SMA N 1 Karangdowo”. Dah pada paham…?? Sejarah ini sangatlah penting bagi kita semua (warga SMANKARDO), minimal kita harus tahu itu. So, kalau Aksi Lovers ditanya tengtang sejarah SMANKARDO, maka AKSI Lovers harus dapat menjawabnya dengan baik dan benar. Agar tidak malu-maluin diri sendiri dan sekolah. Warga SMAN 1 Karangdowo, kok gak tahu sejarahnya??!! “Apa kata Dunia…….?!!”

Education

RUBRIK EDUCATION

MELAHIRKAN GENERASIPENELITI

Telah jamak dikeluhkan, pendidikan di Indonesia kurang mampu melahirkan periset yang dapat mengembangkan disiplin ilmunya.
Minimnya akademisi yang menulis di jurnal ilmiah, baik di tingkat nasional maupun internasional, hanyalah salah satu gejala dari proses pendidikan yang tidak dikelola secara sinambung dari pendidikan dasar sampai tinggi. Melahirkan generasi peneliti tidak terjadi dalam sehari.

Bukan Sekadar Tradisi
Salah satu alasan yang disampaikan tentang sulitnya melahirkan generasi peneliti adalah tidak adanya tradisi yang mempublikasikan hasil riset dan cekaknya dana penelitian. Melahirkan generasi peneliti sebenarnya bukan sekadar urusan pendanaan dan tradisi memublikasikan hasil penelitian. Salah besar jika pendanaan dan tradisi memublikasikan riset dianggap sebagai cara efektif untuk melahirkan generasi peneliti.
Masalah pokoknya adalah sistem dalam kurikulum nasional beserta evaluasi yang ada memang tidak memberi tempat bagi lahirnya generasi peneliti. Akibatnya, kultur pengajaran dalam lembaga pendidikan kita amat jauh dari reksa penelitian. Karena itu, tugas utama yang harus segera dilakukan para pendesain kurikulum pendidikan nasional adalah mengarahkan anak didik untuk berpikir kritis, mampu membuat analisis, mengadaan penelitian sederhana dan melaporkan kepada public (teman di sekolah, guru, dan lainnya).
Rasa Kagum
Jiwa peneliti terlahir dari rasa kagum yang melahirkan tanya. Karena itu, menanamkan sikap tak pernah berhenti bertanya tentang berbagai macam gejala dalam kehidupan harus menjadi budaya yang hadir di sekolah-sekolah kita. Untuk ini, para pendidik harus membebaskan anak didik agar mereka berani bereksplorasi dengan pemikirannya dan mencoba memandu aneka capaian pemahaman berdasarkan disiplin ilmu yang dia punya. Mengajak anak didik untuk mengadakan penelitian sederhana merupakan strategi efektif untuk menanamkan rasa ingin tahu dan membangkitkan rasa kagum dalam diri anak didik.
Dalam bahasa Parker J Palmer (1998), ruang pembelajaran harus terbuka sekaligus berpusat. Sebagai contoh, ketika guru menunjukkan sebuah lukisan atau gambar, para siswa diminta membuat analisis dan tanggapan atas lukisan atau gambar itu. Di satu sisi, pembelajaran memusat dan terbatas pada lukisan itu sekaligus anak diajak menganalisis gambar melalui pengalamannya sendiri. Karena itu, menciptakan ruang lingkup pembelajaran sekaligus membiarkan para siswa melahirkan tanggapan dan reaksinya sendiri merupakan salah satu cara pedagogis untuk membuka sumber-sumber kreativitas dalam diri siswa.
Adanya dialog dan keterlibatan aktif dari siswa dalam proses pembelajaran akan menjadi semakin ramah (hospitable). “Keramahan dalam ruang kelas bukan hanya saat kita memperlakukan para siswa dengan penuh adab dan bela rasa, tetapi juga mengundang para siswa dan cercahan-cercahan pemikiran (insight) yang mereka miliki sebagai bagian dari pembicaraan” (Palmer, 1998, 79).
Harus ada keterbukaan dari para pendidik agar mereka mau menghargai pengalaman anak didik sebagai bagian dari proses maju berpengetahuan yang ia jalani selama menjalani masa pendidikan. Pendidik tidak pernah boleh mematikan tanya dalam diri para siswa.

Guru Peneliti
Agar melahirkan peneliti, guru pun harus menjadi teladan sebagai peneliti. Dalam banyak hal, penelitian tindakan kelas (PTK) sudah mulai dipraktikan para guru. Namun, PTK ini belum banyak berkembang karena para guru masih menganggap PTK merupakan tugas par akademisi di tingkat universitas yang menggunakan metode penelitian yang amat rumit yang sepertinya bukan menjadi kultul mengajar mereka di kelas.
“Penelitian sering diasosiasikan dengan sebuah pekerjaan yang terelaborasi dan teristematisasi dengan baik, yang mengandaikan keahlian dan pelatihan khusus. Karena itu, guru jarang memiliki pemikiran bahwa penelitian tindakan kelas itu sebenarnya merupakan bagian esensial dari kinerjanya sebagai guru” (Albertus, 2009, 173). Sebenarnya, menjadi guru tak lain adalah menjadi peneliti.
Begitu masuk kelas, guru sebenarnya langsung terlibat penelitian kelas (classroom inquiry). Guru mendegarkan, mengamati, membuat hipotesis, dan menganalisis situasi kelas (kesiapan siswa menerima pelajaran, menjelaskan dimana proses belajar yang telah mereka lalui dan sedang mereka pelajari, dan lainnya). Dari sini guru diajak untuk senantiasa mengevaluasi kinerja pengajarannya di sekolah. Hal terpenting yang menjadi sasaran penelitian tindakan kelas adalah dampaknya bagi perkembangan proses belajar mengajar dikelas, bukan terutama demi penemuan baru atau publikasi.
Membangkitkan rasa ingin tahu, menumbuhkan rasa kagum, menghargai pengalaman siswa dalam memahami materi pelajaran, dan menjadi guru peneliti hanya akan efektif jika sistem pendidikan mendukung terlahirnya kultur penelitian di sekolah. Sayang, proses pembelajaran dan sistem evaluasi standar melalui ujian nasional tidak mampu mengevaluasi kinerja penelitian. Evaluasi pendidikan dengan model pilihan ganda paling tinggi bisa mengevaluasi kemampuan analisis siswa. Namun, model pilihan ganda tetap tidak dapat menampung hal esensial dalam kinerja penelitian, seperti berbagi hasil observasi, diskusi, yang merupakan proses normal kinerja penelitian.
Melahirkan peneliti membutuhkan kerja keras semua pihak. Perubahan sistem evaluasi pendidikan diperlukan jika kita ingin melihat pendidikan melahirkan generasi peneliti. Evaluasi pendidikan yang integral akan dapat menumbuhkan kultur penelitian sejak dini dalam diri siswa kita. Mungkin inilah salah satu tugas yang harus menjadi perhatian calon Menteri Pendidikan Nasional mendatang.

Canda Tawa

JILBAB

Endah : “Ni…! masak temen gue nggak boleh pake jilbab sama Ibunya….!”
Tini : “Hah! Serius loe?”
Endah : “Yaiyalah, masak yaiya dong…!”
Tini : Ih…! keterlaluan banget sich Ibunya, anaknya mau berbuat kebajikan, masak dilarang!
Endah : “Gue sich setuju-setuju aja…! Tapi masalahnya temen gue itu cowok…!
Tini : Hm….! Guuuubraaak!!!




MANOHARA

Saat pelajaran tutor Biologi, Pak Guru membahas mengenai apa itu Monera.

Pak guru : “Anak-anak ada yang tahu apa itu Monera? coba kamu Andi?”
Andi : “Wah kurang tau Pak…”
Pak guru : “Yang lain, ada yang tau?”
(Dengan PD-nya murid yang paling pojok tiba-tiba mengatakan….).
Murid x : “Monera itu lho Pak, yang main sinetron…!”
Murid2 : “Kuwi Manohara…! Stress!”




TEBAK-TEBAKAN

Dua orang sahabat yang merasa bosan saat pelajaran sekolah yang kosong dan tidak ada tugas apapun dari guru, mencoba bermain tebak-tebakan.
Lono : “Males nich ga’ ngapa-ngapain. Kita main tebak-tebakan aja yuk!”
Refi : “Oce…Oce…Oce, kalo gitu kamu dulu dech lan yang mulai!”
Lono : “Hewan apa yang kalo ada balapan ga’ pernah menang?”
Refi : “Aku tau, Aku tau, pasti ulet kan?”
Lono : “Salah tau”
Refi : “Lalu apa?”
Lono : “Ya undur-undurlah, gimana mau menang kalo jalannya aja ke belakang terus, dan ga’ maju?”
Refi : “Ah, ga’ lucu. Sekarang gentian aku. Hewan apa yang bisa menyatakan cinta dengan bahasa Jepang?”
Lono : “Eh, mana ada hewan bisa ngomong?”
Refi : “Ada”
Lono : “Apaan”
Refi : “Kucing ta kam oe”
Lono : “Ha…ha….ha, Aku masih normal.”
Refi : “????.....”

Humoria Singkat
Say… kau adalah idaman hatiku
Say… aku sungguh menginginkanmu
Say… kau membuat hidupku bersemangat
Aku ingin merasakanmu dan menikmatiku
Say… sayur bayam seikatnya berapa ya?
“Ma, hari ini aku dapat nilai 100!
“Gitu dong, anak pintar. Mata pelajaran apa itu, nak?”
“Anu Ma, Matematika 40, Bahasa Inggris 30, Sejarah 30!”




CANDA TAWA

Sinta : “An… gue bete banget nich…!”
Ana : “Ah… gue tau, biar ga’ bete. Kita main tebak-tebakan aja..!”
Sinta : “Ya udah gue duluan ya…! Band, band apa yang suka ngondek?”
Ana : “Band apa ya…? Em … nyerah dech!”
Sinta : “Ya… BANDCONGlah…!” (Kwa…ka…ka…).
Ana : “Lebay dech…! sekarang giliran gue…!
Ariel, Ariel apa yang dibenci masyarakat?”
Sinta : “Em Arie Untung …!”
Ana : “Salah…! yang bener itu ya ARIELAN SESAT…!”
Sinta : “Capex dech…!!!”

Bagong : “Reng…, main tebak-tebakan mau nggak?”
Gareng : “Oke…, gue duluan gong! Seranga, seranga apa yang namanya di jadiin nama artis?”
Bagong : “Gue nggak taut tu…! nyerah aja dech!”
Gareng : “Ya… TESSA KUNANG-KUNANGLAH…!
Bagong : “Sekarang giliran gue, siapa nama lengkap model lukisan Leonardo Da Vinci?”
Gareng : “Ya… mana gue tau, emang gue bapaknya!”
Bagong : “Jawabannya itu… MONALISA ODELIA PINOT…!”
Gareng : “Kuwi Manohara gong…!”




BELUM ADA JUDULNYA COY!!!

Ada 3 anak yang sedang asyik maen petak umpet, namanya :
Bego (wach namanya cocok sama yang baca ni)
Otak (seorang kewan WC, makanya ngumpet di WC)
Mati (Mantan gepeng (gelandangan & pengemis) makanya ngumpet di jalanan).
Kan Bego yang jaga, ech Bego nemuin otak di WC (kalian semua tau WC kan,ya itu tempat tinggal kalian). Dah nemuin otak, Bego kemudian langsung nyari’in mati di tengah jalan. Tiba-tiba ada truk mau nabrak Bego. Sopir truk ngomong: “Ech lu Bego ya..???”
Bego : “Iya bang”
Sopir : “Lu cari mati ya…??”
Bego : “Eoh bang”
Sopir : “Otak lau dimana..??”
Bego : “Di WC bang ya udah bang saya cari mati dulu ya?”
Sopir : “Entar dulu!! nich yang gila gue palu…??”
Bego : “Sebenarnya ga’ ada yang gila bang, cuma yang baca ini lagi Stress doank bang.”


By. : Brangsen XII IS 2
To : - Semua penggemar AKSI yang bisa baca
- Buat yang merasa dirinya gila, stress, sorry aja!!!
- N yang terakhir bwat gereh2 n penyok2 mani polepel

Sahabat Salam Sayang

RUBRIK S S S


1.Dari : Nice’s Brate
Buat : Penghuni XII A 3
DU : Buat temen-temen Q tingkatin belajarnya and kebersamaannya.


2.Dari : Zhy-by exact 3
Buat : Zhy-by XC, penghuni XII A3
DU : XC : kalimat ZHI-BY selalu teringat dibenakku Q pengen kamu berubah menjadi lebih baik, Okey.
Penghuni XII A 3 : Sofa, Oktama, Agus, Jampang, Devi jaga kekompakan kita yach… penghuni lainnya tetap semangat dan banggain kelas kita, loph U all …


3.Dari : Dety-XI A4
Buat : Friend2 q kelas A4 and mantan XG
DU : A4 ayo kita tingkatin kekompakan agar jadi is the best, Okey …
Mantan XG ingat jangan lupain temen lama ya, meski udah berpisah.


4.Dari : Lemoet
Buat : Lemoet Comunity
DU : Koq sekarang udah jarang banget sich ngumpul bareng? Paw dah pada sibuk senditi tho …ga mikirin lemoet community lagi. Seringan ngumpul ma LC donk!


5.Dari : Cewek klas XI IPA 3
Buat : Sahabat-sahabatku IA
DU : Makasih, udah jadi sahabatku slama ini. Dan makasih juga dah ngajari aku tentang arti kehidupan. Moga kamu tetap jadi sobat ku tuk slamanya.


6.Dari : Yosafat Dwi Widi H (XB)
Buat : My friend in dass XF and Xg
DU : Buat best friend ku di XF dan XG tambahin kekompakannya. N buwat class XB tambahin gokilnya.


7.Dari : N_da
Buat : Penghuni XII IS 2
DU : Desti : Sego gorengmu enak!
Rully : Dukung Chelsea wae! MU tumbang.
Harno : Tengidenge!!! he….he…
XII IS 2 : Kurangi ramenya donkZ



8.Dari : Shinta XII IS 1
Buat : Vocale Enola (Bendrath)
DU : Moga sukses aja Enolanya.
Buat rahma, savi3, risda tambahin kaompake aza, cayo-cayo IPSI OK


9.Dari : Fans Club ENOLA
Buat : Enola Band
DU : Moga cepet launching album perdana buat Hendra n Rivan. Ojo gojek wae neng kelas. Meneng we gantheng, Horaz IPS 1 …. Merdeka.


10.Dari : Chriznie XA
Buat : Anak2 XA
DU : Buat nak-nak XA jangan terkenal yang negatif dwonk? Tunjukkan sisi positifmu jangan mau kalah dengan kelas lain buktikan kalau kelas mu bisa lebih baik dari kelas lain.


11.Dari : Kenthit ..boys humor
Buat : Endah
DU : Salam buat Endah yang cantik aja. Napa sich Ndah lu gak ngerti perasaanku!!! Betapa rasa sayang aku padamu…moga lu bisa tahu cayank Q padamu I LOVE YOU Forever.
I miss you but I hate you.


12.Dari : Tjah Are-You (34) XI IS4
Buat : Than ndut (29) XII IS 4
DU : Yang maen dikurangin dikit dwonks ntar lo tambah ndutz gimana? I Luph U forever … hwahahag.


13.Dari : I cha Zn (XI A2)
Buat : Some one Xh
DU : Cinta q nggak harus memilikumu. Ku akan melupakanmu coz q nggak mau diantara kalian.


14.Dari : Zwae-Cxy n Viruezz
Buat : Keluarga besar mantan XE
DU : Nyak, babe, Pak’D, Mbox’D, Simbah N anak2 yang laen tambahin kekompakan + ayo kita kumpul lagi.
N Special buat Brindiel kok toe tambah ayu tow!! Neng IPA 1??? Rumu’ze opo Ndi’el??? he he he


15.Dari : Pengurus OSIS 2008/2009
Buat : Pengurus OSIS 2009/2010
DU : Jadikan OSIS kalian lebih baik daripada OSIS kami. Jangan segan bertanya karena kami selalu ada untuk kalian !!!


16.Dari : TW/ XB
Buat : Cah XB and Group baru Q “GFC”
DU : Buat cah 3 IPS 4 (Yono) yang kenal aja ma aku.
Cah XB cayow,.. Dikurangi urakannya yach…N’ ojo Blawuz”


17.Dari : Cah yang paling manis
Buat : Semua penghuni IPS 2
DU : IPS 2 tingkatke nilai bahasa Indonesia demi Ibu Nanik, ben injoh ngguyu he he he.


18.Dari : Ika Putri XB
Buat : Some one
DU : Buat mantan Q moga kamu cepet dapat karma dan cepet putus ma cewek kamu sekarang.XB tambahin gokilnya cayow.


19.Dari : Jati’s tree/ 143
Buat : STW-IS4
DU : Neng kelas jow rame ae cuy
Moga kamu tau ‘n’ merasakan apa yang aku rasakan
AKSI thanks


20.Dari : Wie-chan “NICE’S Brale”
Buat : Naik sains B, Nice’s Bral, Rina, Fitri, Tyas XG
DU : Nak sains 3 : Jaga tyuz kekompakannya, jangan rame terus, masak nak IPA ramai?
Nice’ Bral : Guyz…kapan makan2 lagi? Mni chan U jangan suka marah2 masa sesame NICE’S Brale berantem ntad jadi Gubraakk
Rina, Fitri, Tyas XG : kapan kumpul2 lagi dah lama kita gak kumpulkan?


21.Dari : Tauruz girl
Buat : Cah” Nenx_Nonx community and cowox IS’3
DU : Go cah2 Nenx-Nonx community ojo nenx-nonx tho!! ojo do histeris dewe2, wes rasah histeris.
Go cah IS 3 thanks yo wes maenen aku, aku nyesel pernah kenal xoe. Omonganmu raenek buktine.


22.Dari : Salah satu pengurus Organisasi 2008/2009
Buat : Semua pengurus Organisasi baik OSIS, DA, ROHIS, AKSI,PA dll (2008/2009).
DU : Tetap jaga terus kekompakan kita dalam organisasi masing-masing walaupun kita sudah gak menjabat.
Jangan begitu saja meninggalkan adik2 kita kalau mereka butuh bantuan kita ayo semaksimal mungkin kita bantu.
Jangan pernah lupakan kebersamaan kita, ayo tetap kita jaga SMANEKAD JAYA!



23.Dari : Widadi
Buat : XH
DU : Buat kakakku tersayang Aprel mantan kelas XII IA 2 kemaren moga sukses.
Buat XH makin kocak dan kompak aja yacch!


24.Dari : www.Thoe_Xyo Lan_com (IA3)
Buat : Be_thy (IS 1)
DU : Dirimoe kan slalu dihatiku walau kau tak pernah tahu.


25.Dari : Estalisda
Buat : Naena Dewiq, Yevi V1, Ainsah cute, F3, Chenil, Maya Imut, Yani
DU : Indahnya waktu-waktu saat bersama sahabat
Friends, don’t forget me ya
And to my friends in Bandung, When we meet again?
To my friends in class keep spirit terutama deretan mejaku yang Gokiel abiez.


26.Dari : Cumi-cumi A1
Buat : BBC and nak2 A1
DU : BBC (Bathara Badminton Club) ayo brow kita latihan lagi. Walaupun kita udah kelas 3 tapi kalau hoby ayo ditekuni.
Buat anak2 A1 ayo tunjukkan bahwa kelas kita adalah yang terbaik. Baik diprestasi dan baik di budi pekerti. Jangan ramai terus OK coy.


27.Dari : Netta Sofiyana
Buat : Kakak2 kelas XII
DU : Moga kakak2 besok bisa lulus dalam Ujian Nasional ! (Amien)
Untuk kakak kelas XII IPA 3 dan untuk kak Sofa sering2 main donk ke XH. Moga makin sukses aja buat kak Sofa.


28.Dari : Princes_caem XI IA 2
Buat : XI IA2 sing sae dewe
DU : * Congratulation buat Awang Sunaryo yang sudah kepilih menjadi ketua OSIS. Buatlah organisasi di sekolah kita lebih maju.
* Buat XI IA 2 is the best, ayo tambah kekompakannya
* Bonenx : kalau didalam kelas jangan bertengiran terus ma ning nong.
* Sebloh Cs: nek diwulang digathekke ora arisan bawang ae!
* Ketua kelas kurang tegas ! terlalu lemah lembut masa sama aku kalah??? he he he.
* AKSI thanks.

Cerpen

CATATAN CINTA MASA SMA

Pagi yang kunantikan sejak sebelum tidur telah tiba! Matahari yang terbit setiap hari, pagi ini lebih kucintai. Tebaran cerah dan kehangatannya, kurasakan lembut sekali. Udara pagi yang belum terpolusi pun terasa segar melewati hidung. Diiringi kicau burung yang bersahutan di ruang imaji, aku melangkahkan kaki menuju sekolah dengan semangat. Sebabnya, tadi malam aku berhasil menyelesaikan sampai tuntas PR fisika yang super njelimet dari Mr XYZ!
Setengah jam kemudian terlihat bangunan megah menjulang, ialah gedung sekolahku. Yap! Semangat jalanku makin menggebu! Beberaoa menit lagi, aku akan tiba di kelasku tercinta.
Sampailha aku dikelas. Lho, bangku favoritku ternyata sudah diduduki Alicia.
“Lilo, pindah dong! Ini kan kursi keramatku. Aduh, tasku berat, nih! Ayo, cepat!” kataku memelas pada Alicia yang lebih suka dipanggil Lilo itu.
“Wauw, rupanya tuan putri sudah datang,” sahutnya sok terkejut, “mau duduk di sini? Boleh … bisaa … bisaa. Tapi syaratnya, kemarikan dulu PR fisikanya! Kamu pasti sudah mengerjakan, bukan?” sahut Alicia yang terkenal tomboy sok yakin dengan suara bariton-nya.
“Iya Nin, kamu kan biasanya paling rajin,” dukung teman-teman lain yang tanpa kusadari sudah berkerumunan di dekat bangku favoritku. Huuh … agak kesal juga aku sebenarnya. Aku yang capek-capek ngerjain PR sampai begadang semalaman, enak ajak mereka mau nyontek. Tapi bagaimana lagi, mereka benar-benar kompak, sih. Yah, kekompakan yang pantas diancungi … tinju.
Tak lama setelah si tomboy pindah kursi dan aku berhasil memakirkan ranselku di laci, kulihat Rey masuk ke kelas. Dengan langkah semangat, kuhampiri dia.
“Selamat pagi hasil cloning Einstein. Apa kabar PR fisikanya? Bisa ngerjain, nggak? Eeh … aku salah nanya deh. Kamu pasti bisa, kan? Aku sebenarnya juga udah selesai, sih. Tapi yang nomer dua kurang yakin soalnya aku nggak paham banget ama caranya. Terangin, ya!” pintaku pada Rey bertubi-tubi.
Rey menanggapi ocehanku pagi itu dengan senyum khasnya. Selanjutnya bla … bla … bla. Diterangkannya rumus Newton dan cara menerapkannya pada soal dengan sabar padaku. Dan lagi-lagi aku dibuatnya terangguk-angguk seperti tangkai bunga yang tertiup angin. Terkagum-kagum habis dengan kecerdasannya. Bagiku, Rey lebih dari seorang mahaguru atau profesor sekali pun. Aku akrab dengan Reynaldi atau Rey memang lantaran maniakku pada pelajaran-pelajaran exacta. Rey kan masternya.
Pada sebuah waktu yang bernama hari Rabu. Luqman, sahabat Rey, tidak masuk sekolah. Rey yang biasa ke mana-mana bareng dia jadi sendirian. Tidak tahunya, Erika yang biasa bareng aku-sudah duluan pulang juga. Akhirnya Rey ngajak aku barengan pulang. AKu sih, oke-oke aja. Seneng banget kan, diajak pulang bareng professor. Siapa tahu di sepanjang jalan dikasih bocoran tips-tips jadi orang jenius kayak dia. He he he.
Eeh, tak tahunya … ketika sudah agak jauh dari kelas, tiba-tiba teman sekelasku kompak neriakin aku ama Rey. Yang paling keras dan bikin jengkel … teriakan en ledekan siapa lagi kalo bukan dari Alicia, si tomboy itu.
Di bawah komando Lilo mereka teriak, “Mesra nih, yee!”
Waduh, aku malu sekali. Segera saja aku minta ijin Rey untuk jalan duluan. Keburu malu berat.
Sejak peristiwa Rabu itu, beredarlah gossip murahan. Tidak tahu siapa yang tega-teganya menyebarkan kabar bohong itu. Isi gossip: aku ada ‘affair’ ama Rey. Gila! Tapi berhubung aku ngerasa nggak ada apa-apa, ya tak cuekin aja. Untunglah Rey mau kompak untuk cuek ama gosip jelek itu. Kalau tidak, waah … tak bisa kubayangkan bagaimana diriku harus bersikap dan bertindak.
Hari demi hari terus berlalu. Tak terasa sudah cawu tiga. Rupanya, lambat laun teman sekelasku bosan juga nggosipin aku ama Rey. Padahal sesungguhnya kami malah tambah akrab. Apalagi aku terpilih menjadi duta sekolah dalam olympiade matematika bersama Rey. Untuk itulah, kami sering belajar bersama di luar jam pelajaran.
Tanpa kuperkirakan sebelumnya, kebersamaanku dengan Rey telah menimbulkan perasaan lain dalam hatiku. Perasaan ingin dekat dan ingin diperhatikan yang lebih. Namun, aku masih mampu menepiskannya dan menetralisir perasaanku sendiri. Aku menganggap bahwa perasaan-perasaan anehku yang muncul hanyalah merupakan refleksi kekagumanku padanya. Cuma pantulan kegilaanku pada ilmu-ilmu eksak dan ketakjubanku pada kecerdasannya. Bagaimana tidak takjub? Rey memiliki sederet prestasi yang luar biasa. Meskipun masih kelas satu, dia sudah diikutsertakan dalam berbagai olympiade bidang exacta, seperti fiska dan kimia. Apalagi Rey selalu mendapat nilai sepuluh dalam ulangan matematika, pelajaran favoritku. Dia juga tidak pernah mendapat nilai dibawah delapan untuk fisika, pelajaran mengerikan dari guru super-killer seperti mister XYZ itu.
Tapi … entah kenapa … Erika, temanku sebangku, malah menangkap sesuatu yang lain. Terbukti dari ucapannya beberapa waktu yang lalu.
“Nin, sebelumnya aku minta maaf kalau aku kau anggap terlalu turut campur mengenai pribadimu. Sebenarnya … sejak kau digosipkan dengan Rey, aku sudah agak was-was. Soalnya, mana mungkin ada berita tanpa dukungan fakta sedikit pun.”
Aku menautkan kedua alis dan mengerutkan kening mendengar ucapan pembukanya itu. “Jadi, kau juga menuduhku? Sejak kapan kamu mudah terpengaruh gossip?”
“Sekali lagi, maaf … aku tidak bermaksud menuduh kamu berbuat yang tidak-tidak. Tetapi, kulihat semakin lama kau semakin akrab ama Rey. Menurutku, kalian terlalu dekat. Cobalah kau pikirkan apa yang kukatakan ini.” tambah aktivis Rohis itu seperti merasa bersalah.
“Makasih deh Rik atas perhatianmu. Tapi, percaya deh ama aku. Biar pun badung, aku tahu kok kalo pacaran itu dosa,” ucapku ringan.
Erika tersenyum. Aku pun membalas senyumnya.
Selebihnya, nasihat Erika hanya kuanggap angin lalu. Rey baik, hubunganku dengannya pun baik-baik saja. Kekhawatiran Erika berlebihan.
Memang sih, ada satu hal yang tak kukatakan pada Erika. Bahwa kebersamannku dengan Rey membuatku bisa merasakan suatu kebahagiaan lagi. Kebahagiaan yang kurasakan pernah terenggut paksa dari diriku sepeninggal papa empat tahun lalu. Mas Dody, saudara kandungku satu-satunya lebih suka aktif di kampusnya daripada memperhatikan atau membantuku belajar. Katanya, ngobrol ama aku nggak ada asyiknya. Nggak nyambung! Mama pun sibuk bekerja. Setiap pulang ke rumah, pasti sudah mengeluh capek. Kebutuhan yang semakin meningkat menjadikan beliau semakin sering pergi. Akhirnya, mama jarang punya waktu berbicara santai denganku.
Bagiku … Rey adalah penghibur, sumber motivasi, semangat hidup … juga profesorku! Profesor cerdas yang penuh perhatian, yang membuat prestasi belajarku melambung cepat!
Hari-hari penuh bunga di kelas satu telah berlalu.
Setelah liburan panjang selama sebulan yang sangat membosankan, akhirnya aku duduk di bangku kelas dua. Kulihat ada wajah baru yang sedang tersenyum manis. Pak Ismail, wali kelasku yang baru, memperkenalkan gadis berjilbab yang cantik itu kepada penghuni kelas dua. Namanya Sinta, pindahan dari Bandung. Karena di kelas hanya aku dan Erika yang memakai jilbab … maka otomatis dengan kamilah Sinta pertama kali akrab.
Sinta anak yang sangat lincah dan ramah. Dia mudah beradaptasi dengan lingkungan baru di sekelilingnya. Dia juga tidak sombong meski kedua orang tuanya pejabat tinggi. Tak cuma ramah, lincah dan tidak sombong, dia juga cukup pandai. Dan … pelan namun pasti … meski tampaknya tenang-tenang saja, sebenarnya aku sudah mulai was-was. Aku mulai mencium aroma persaingan yang ketat.
Puncaknya adalah ketika penerimaan rapor cawu 1. Secara mengejutkan, Sinta meraih peringkat kedua di bawah Rey. Peringkat yang biasanya hanya menjadi milikku. Bagaimanapun juga, aku merasa sangat terpukul dengan kenyataan itu.
Lalu, entah bagaimana awalnya … Sinta akrab dengan Rey. Suatu kenyataan yang sudah kuduga akan terjadi, apalagi setelah Sinta dengan suksesnya menyabet peringkat keduaku.
Aku jadi merasa tersisih. Aku merasa telah kalah. Pecundang! Aku merasa … tak pantas lagi jadi temen dekat Rey. Perlahan namun pasti, aku mulai menjauhinya. Kuhindari semua aktifitas yang melibatkan Rey, termasuk di dalamnya … ekskul komputer yang kusukai.
Cawu dua, peringkatku tak membaik, jumlah nilaiku juga. Aku masih bisa bersandiwara di hadapan teman sekelas, seolah tak terjadi apa-apa. Aku juga tetap bersikap baik sama Sinta.
Di akhir cawu tiga, aku makain kacau saja. Nilai-nilai ulangan harianku jeblok, turun drastis. Keceriaan yang dulunya selalu mewarnai hari-hariku pun turut memudar. Sandiwara tak bisa kumainkan lebih lama. Terbukti, Erika mulai mencium ketidakberesan itu dan bertanya.
Aku terus menutupi, dan selalu mengelak. Ketika dia bertanya ‘mengapa’ atau ‘ada apa’, selalu kujawab bahwa aku tidak apa-apa, cuma lagi nggak mood. Padahal sebenarnya … hatiku sedang remuk-redam.
Semakin hari kesedihanku semakin tak terbendung. Betapa sesak dadaku setiap saat menahan luapan berbagai rasa. Menyaksikan Rey, orang yang kusayangi setulus hati, yang kujadikan tumpuan harapan selama ini, tak lagi memberi perhatian penuh padaku. Kadang-kadang, kulihat Rey ingin mengakrabiku.Dekat seperti dulu. Tapi … kehadiran Sinta di sisinya membuatku begitu gerah. Aku … jadi benci sama Rey.
Sejak kehadiran Sinta menyita perhatian Rey … aku telah belajar menjadi aktris profesional. Berakting setiap saat.Berpura-pura ceria dan bahagia, dan tak terjadi apa-apa. Tak mungkin aku curhat pada Erika atau teman-teman Rohis yang lain. Nanti aku didakwa jatuh cinta. Nanti aku pasti kena marah. Apalagi, kayaknya aku memang salah. Ya sudah, aku pura-pura saja. Aku tak ingin teman-teman tahu kalau aku sedang down.
Buntutnya … aku malah jadi stress. Kemunculan gosip bahwa Rey dan Sinta telah menjadi sepasang kekasih makin membuat telingaku panas. Aku benar-benar terpukul. Frustasi!
Suatu malam, aku begitu resah, sehingga berkali-kali terbangun. Tidurku sama sekali tidak nyenyak meski tak ada nyamuk. Aku ingat wajah Rey, ingat papa, ingat Sinta, Erika … lalu mama, Mas Dody. Aku benar-benar gelisah. Seluruh tubuhku telah berkeringat.
Lalu … entahlah, saat itu ada dorongan kuat dari dalam hatiku untuk mendirikan salat malam. Salat malam yang … entah sudah berapa lama tak kulakukan.
Sisa air wudu di wajahku telah bercampur tetes keringat dan air mata. Aku menangis sejadi-jadinya malam itu. Aku ingat Rey, seseorang yang kuanggap menjadi sumber kesedihanku. Dalam gelapnya malam yang sepi sunyi, berkelebatan di benakku … apa saja yang telah kulakukan bersamanya, semasa kami masih akrab.
Belajar bersama, berdiskusi, bergantian mengoreksi, saling memberi soal, ke perpustakaan, tertawa bersama …
Kuingat juga nasihat-nasihat Erika. Kuingat sikapku yang selalu mengacuhkan nasihat itu. Dan bahkan, aku pernah menganggap Erika hanya iri akan kedekatanku dengan Rey. Rey yang selalu mengingatkanku pada sosok yang cerdas, lembut dan penuh kasih sayang.
“Ya Allah, Nindya minya ampun… Nindya salah. Nindya juga jahat sama Erika.”
Malam itu, kurasakan tak ada lagi kasih sayang yang masih bisa kuharapkan selain dari Allah. Rey yang begitu kusayangi pun tanpa dia sengaja telah menorehkan luka yang teramat dalam di hatiku.
Pagi hari datang lagi. Aku pergi ke sekolah dengan langkah yang tak terlalu semangat. Untungnya, mataku yang semalaman menangis sudah tak terlihat sangat sembab.
Kebetulan, hari itu jam pertama kosong. Kabarnya … Pak Ghaffar, guru matematika, sakit mendadak sehingga tidak sempat meninggalkan tugas. Aku mengajak Erika ke musala sekolah. Aku ingin berbagi rasa padanya.
Sehabis salat duha, aku menceritakan apa yang kualami dan kurasakan serta menjadi beban batinku hingga membuat prestasiku amburadul tidak karuan. Kuceritakan dari alif sampai ya’ tanpa kurekayasa.
Tak ada keterkutan di matanya. Dia tetap tenang, kalem … seperti sejak pertama kali aku mengenalnya.
“Aku sudah mengira hal itu sejak dulu, Nin. Hanya, saat itu aku tak mampu berbuat apa pun kecuali selalu berdoa agar kau cepat menyadari kesalahanmu.”
“Tapi … Rey selalu membuatku merasa dekat kembali dengan papa. Kau tahu kan Rik, betapa sayangnya belia padaku,” aku mulai terisak. Wajah lembut papa seketika melintas di kepalaku. Almarhum papa yang selalu kubanggakan dan kuceritakan pada siapa pun, termasuk Erika.
“Yah, aku paham itu. Namun ingatlah Nin, bukan hanya papa yang menyayangimu. Mama, Mas Dody, teman-temanmu … aku!” terdengar nada suara Erika mulai berubah.
Kurangkul Erika. Kumenangis dalam pelukannya. Samar-samar kudengar suaranya lirih, “dan jangan pernah kau lupa, Nin! Kasih sayang Allah melebihi segalanya.” Tampak Erika menahan segenap perasaannya. Mungkin dia teringat mamanya yang telah meninggal dunia saat melahirkan Eric, adiknya.
“Nin, sebentar lagi jam kedua tiba. Sebaiknya kita segera merapikan diri.”
Kulepaskan pelukanku dari Erika. Kususut sisa air mataku dengan tisu lalu mencoba tersenyum. Kami pun kembali ke kelas. Saat itu, kurasakan hatiku mulai lega luar biasa.
Roda sang waktu terus bergulir, menggelinding. Hari demi hari aku semakin dekat dengan Erika dan tak terlalu tergantung pada Rey lagi.
Sejak Sinta benar-benar ‘jadian’ dengan Rey, dia semakin jauh dariku. Begitu pula Rey. Biarlah! Aku toh sudah berjanji pada diriku sendiri untuk berusaha mengikhlaskan semuanya. Mengikhlaskan Rey pergi dari kehidupanku, dari hatiku.
“Ya Allah, Nindya memang kembali pada-Mu karena patah hati. Namun, jadikanlah itu abadi.”
Nindya menutup lembar catatan cinta SMA-nya sembari tersenyum. Kisah yang dianggapnya lucu, delapan tahun lalu.
Rey … entah di mana dia kini.

Rubrik Band

PROFIL & BIODATA BAND
“ENOLA”

Berdiri tahun 2008, dikota kecil Klaten Jawa Tengah. Berawal dari hobby bermain musik, Nge band sejak SMA hingga sekarang, membawakan lagu Top 30 dari panggung ke panggung kecil. Dan akhirnya mulai membuat karya lagu sendiri, meski masih banyak yang harus kami pelajari untuk menciptakan karya-karya terbaik kami.
Impian kami untuk bisa masuk dan diterima di Mayor Label, agar kami bisa mempersembahkan karya cipta kami ke dalam ruang lingkup yang lebih besar, harapan besar dengan nama band kami, “ENOLA”. Dan terus menerus menuangkan segala inspirasi kami. Semoga karya kami bisa membuat semua yang mendengarkan menjadi tersenyum dan bahagia.

DRUMMER
Nama : Anggit Prasetya Kusuma
Nama Panggilan : Anggit
Tempat/Tgl. Lahir : Klaten, 9 Januari 92
Posisi : Drum
Influence : Dream Theater, Creed

BASSIST

Nama : Saptono Adi Nugroho
Nama Panggilan : Adhi
Tempat/Tgl. Lahir : Klaten, 12 November 92
Posisi : Bass
Influence : Radja, Ungu

GITARIS
Nama : Endang Dwi Songko
Nama Panggilan : Endang
Tempat/Tgl. Lahir : Klaten, 24 April 92
Posisi : Gitar 2
Influence : Metalica

VOCALIST

Nama : Hendra Permana Putra
Nama Panggilan : Hendra
Tempat/Tgl. Lahir : Klaten, 26 April 92
Posisi : Vocal
Influence : Creed, Seventeen

GITARIS
Nama : Agus Riyanto
Nama Panggilan : Agus
Tempat/Tgl. Lahir : Klaten, 27 Agustus 89
Posisi : Gitar 1
Influence : Ian Antono, Peterpan

ENOLA
BaseCamp : Tegal Kalesan Pogung Cawas Klaten
Contact Person : Dedek – 0815 6761 4556
Hendra – 0857 4346 8179
Email : enola.band@yahoo.com.

Umum Dan Iptek

Edisi Januari 2010

Tips Mengatasi Putus Cinta

Artikel Tips putus cinta ini akan membantu kamu dalam mengatasi putus cinta yang sedang menyiksa di hatimu.Siapa bilang di dunia ini terdapat cinta abadi? Kamu baru menyadari hal itu benar, saat sedang merasakan arti perpisahan.
Jatuh cinta memang terjadi karena satu alasan. Tapi yang namanya putus cinta itu terjadi dengan berbagai alasan, contohnya : selingkuh, nggak cocok, Salah paham dsb.Lalu jika itu terjadi…
Apakah kamu tetap akan merenung dan menyesalinya. Ataukah berusaha mengatasi putus cinta tersebut. Jika kamu memilih yang kedua berikut bintang berikan tipsnya
Sebuah Tips Putus Cinta dari saya
  • Buang semua benda kenangan yang berhubungan dengan mantanmu. Kalau perlu bakar! Tapi gimana kalau barang itu mahal, ya dijual saja :D
  • Buang semua SMS cinta di HP mu.
  • Perbanyak aktifitas, jangan biarkan ada satu detikpun kamu melamun tentang dia.
  • Jika masih belum mengatasi putus cinta kamu! Jalan terakhir adalah mencari pasangan baru. Di dunia masih banyak yang lebih baik dibanding kekasihmu dulu dan itu pasti ada. Masak tidak ada yang bisa membuat kamu jatuh cinta.
  • Kalau secara tidak sengaja tiba-tiba memikirkan dia. Alihkan saja pikiran kamu untuk memikirkan hal-hal yang jelek tentang dia.
  • Jika kamu Pria baca nasihat cinta kepada lelaki pecundang berikut (hati-hati)
Jatuh cinta dan putus cinta itu memang sering terjadi! Kadang ada orang yang mampu dengan mudah mengatasi putus cinta dan mendapatkan belahan hatinya kembali. Namun sebagian besar membutuhkan tips putus cinta ini. Dan semoga tips ini berhasil melupakan si Dia dari hidupmu,


by The Batboys

Kesehatan

Edisi Januari 2010

13 Persiapan Agar Tidur Enak

Tidak setiap orang bisa mengalami kualitas tidur yang baik. Simak 13 saran berikut agar Anda bisa tidur nyenyak, sehingga segar dan bugar ketika bangun.

1. Temukan kedamaian dan ketenangan pada saat menjelang waktu tidur


Untuk bisa tidur cepat dan nyenyak sepanjang malam, ternyata tubuh memerlukan persiapan. Bagaimana bisa tidur enak kalau tubuh dan pikiran tidak dipersiapkan untuk itu? Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menciptakan suasana damai dan tenang. Tinggalkan masalah yang membebani Anda hari itu. Ringankan pikiran dan tubuh dengan aktivitas yang menyenangkan.

  • Jika suasana tidak enak atau tetangga berisik, cobalah anda keluar kamara dan mencari tempat paling nyaman untuk duduk. Tenangkan hati dan pikiran agar tidak terganggu oleh keadaan itu.
  • Anda juga bisa mencoba membaca untuk rileks. Pilihlah bacaan yang ringan agar tidak menyedot perhatian dan malah membuat terjaga.
  • Menonton acara TV? Mengapa tidak! Namun pilihlah program yang santai.
  • Mendengarkan musik juga sangat dianjurkan. Sekali lagi, pilihlah musik ringan yang menenangkan.
  • Cobalah bermeditasi atau berdoa. Ini akan mendamaikan hati dan pikiran kita.
  • Jika suka, Anda juga bisa berendam air hangat atau meminta pijat ringan.

2. Buatlah ritual menjelang tidur


Ritual ini diperlukan untuk memberi sinyal kepada tubuh bahwa saat inii adalah waktunya tidur. Tentu ritualnya terserah Anda. Misalnya, pada jam tertentu Anda mengunci semua pintu, mematikan lampu, membersihkan diri di kamar mandi, memakai krim malam, gantu baju, lalu naik ke tempat tidur. Jika ritual ini dilakukan setiap hari, tubuh akan mengerti kapan harus tidur.

3. Jangan berangkat tidur saat marah


Kalau berangkat tidur masih marah, percayalah, di tempat tidur Anda akan memikirkan argumentasi dan strategi melakukan serangan balik. Terlalu sering orang menjadikan tempat tidur sebagai arena menyelesaikan masalah. Padahal, tempat tidur mestinya dijadikan tempat untuk merasakan kedamaian dan ketenangan.

4. Jangan mencemaskan soal tidur


Mencemaskan soal tidur sama sekali tidak produktif bahkan hanya menghasilkan lebih banyak stres, kegelisahan dan insomnia.

5. Jangan paksakan diri untuk tidur


Banyak orang suka memaksakan diri supaya bisa tidur karena keesokan harinya akan melakukan sesuatu yang penting. "Saya harus tidur, saya harus tidur," kalimat yang diucapkan berkali-kali di dalam hati itu bukannya membuat mengantuk dan tertidur. Semakin keras dia berusaha, malah makin sulit. Cobalah untuk melakukan saran nomor 1: rileks!

6. Tundalah penundaan!


Pada umumnya kita suka menunda pekerjaan dengan moto: "Kalau bisa besok, mengapa harus dikerjakan hari ini." Akibatnya sebagian orang menjadi sulit atau tidak nyenyak tidur karena pikiran masih tertinggal di pekerjaan, memang dibutuhkan disiplin.

  • Buatlah dafta apa yang harus diselesaikan hari itu, jangan lupa mengatur waktunya.
  • Selesaikan apa yang telah Anda mulai. Meninggalkan pekerjaan setengah jadi bisa menyulitkan Anda untuk rileks sebelum tidur. Kadang juga membuat malas untuk menyelesaikan pada keesokan harinya.
  • Peganglah janji untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Buatlah jadwal dan tepatilah apa yang telah Anda rencanakan.

7. Jangan terobsesi tentang mimpi


Mimpi memang kontroversial. Ada ilmuwan menganggap mimpi merupakan ungkapan bawah sadar. Yang lain hanya menganggap mimpi sebagai pikiran acak yang masuk ke dalam otak dan tidak memiliki arti. Karena itu, mengenalisis arti mimpi sama sekali tidak ada gunanya. Yang jelas, mengalami mimpi dan bisa mengingat merupakan pertanda tidur kita tidak nyenyak.

8. Berlatihlah olahraga lebih awal


Olahraga memamg perlu tapi jika itu dilakukan dekat-dekat waktu tidur akan membuat Anda tidak bisa beristirahat dengan enak. Olahraga bukan hanya membuat kita merasa lelah, tapi organ-organ tubuh seperti otak,jantung dan lain-lain akan terstimulasi menjadi aktif, sehingga membutuhkan waktu untuk pendinginan. Lakukan latihan lebih awal, kalau bisa pagi hari, 30-45 menit 3-4 kali seminggu.

9. Hati-hati dengan kefein


Kafein yang terdapat di dalam kopi dan teh hitam memang lazim kita minum pada pagi atau sore hari. Bahkan karena berpendapat bahwa kopi tidak berpengaruh apap pun, kadang orang minum kopi pada waktu menjelang tidur. Padahal, ada efek yang tidak disadari, yaitu menjadi letih saat bangun tidur. Celakanya, oranhg lantas mencoba menghilangkan rasa lelah, letih dan kurang segar itu dengan minum kopi. Ini tak lebih dari lingkaran setan yang mencelakakan. Jangan minum kafein setidaknya enam jam sebelum waktu tidur. Jangan pula meremehkan kefein pada produk lain seperti minuman ringan, penambah ebergi, dan sebagainya.

10. Makan cemilan, sebelum tidur


Makan terlalu kenyang, kalau tidak membuat sulit tidur malah membikin ngantuk. Namun, berangkat tidur dalam keadaan perut lapar juga tidak baik karena membuat sulit atau tidak nyenyak tidur. Riset membuktikan makan cepat dan ringan sebelumnya bisa membuat tidur lebih nyenyak. Lakukan sekitar 30 menit sebelum tidur, tapi jangan di atas tempat tidur. Hindari makanan yang mengandung MSG dan kafein.

11. Jangan merokok


Merokok bukan hanya akan mengganggu keseahtan, tapi juga membuat Anda terjaga. Riset menunjukkan perokok berat memiliki risiko lebih tinggi memgalami insomnia dibanding bukan perokok.

12. Jangan minum lalu tidur


Ada kalanya minuman beralkohol membantu orang untuk tidur. Namun, alkohol akan membuat mereka terjaga pada tengah malam, menambah porsi minum, dan pada akhirnya menuai berbagai penyakit termasuk terganggunya pernapasan. Jangan memilih minuman beralkohol untuk pengantar tidur. Pilihlah teknik rileksasi lain.

13. Berjalan kakilah pada pagi hari


Anda mungkin tidak memiliki kesulitan untuk tidur nyenyak. Namun, mungkin Anda belum tahu bahwa jalan kaki pada pagihari bisa membantu mendapatkan kualitas tidur yang baik. Mengapa? Ini merupakan rangkaian pembentukan jam biologis Anda. Seperti halnya ritual menjelang tidur, jalan kaki, atau naik sepeda bisa membentuk ritme tubuh kapan harus tidur dan bangun.


By :Dr. soctoy

MAJALAH AkSI © 2008 Template by:
SkinCorner