Sejarah Kita

RUBRIK SEJARAH KITA

Hallow… Aksi lovers semuanya. Gimana punya kabar?? kabar punya gimana?? he..he…!!
Pasti semuanya sehat donk!!? Sebelum kami menjelaskan, kami mau tanya kepada Aksi lovers semuanya, sudah tahu belum sejarah berdirinya SMA N 1 Karangdowo ini??? Mari kita baca cerita singkat tentang : “Sejarah Berdirinya SMA N 1 Karangdowo” pada rubrik sejarah ini.
Riwayat singkat berdirinya SMA N 1 Karangdowo :
Hari Jum’at tanggal 19 Oktober 1984 di pendopo Kantor Kecamatan Karangdowo diadakan pertemuan kader GOLKAR, untuk memperingati HUT Golkar yang ke-20. Acara ini dihadiri + 60 orang. Setelah selesai pertemuan, Bapak Camat Sumarno, BA memberikan informasi yang ditujukan kepada anggota Komcat Golkar dan beberapa Kades untuk membahas tentang pendidikan di Kecamatan Karangdowo. Lalu beberapa orang berkumpul secara khusus untuk membahas SMA di Karangdowo, mereka yang berkumpul diantaranya :
Bp. Sumarno, BA
Bp. Drs. IG. Sumarmo
Bp. Sihmanto LH
Bp. Mulyadi BE
Bp. B. Sutomo
Bp. Sugito Joko Santosa
Bp. Drs. Herman Suminto
Bp. Gito Pawiro
Bp. Darmo Wiyoto
Bp. Ratno Subroto, BA
Tentang keberadaan SMA di Karangdowo sangatlah diperlukan, maka segera ditanggapi oleh peserta rapat, lebih-lebih Bp. Ratno S. BA mempunyai hubungan baik dengan Bp. Drs. Winarno Amiseno (Staf ahli menteri pendidikan dan kebudayaan di Jakarta). Kemudian beliau mengharapkan dapat menyembadani untuk memperoleh Unit Gedung Baru SMA Negeri untuk Kecamatan Karangdowo. Atas kehendak beliau kemudian dibentuk :
I.Panitia perintis pendirian SMA Karangdowo
Pada hari Kamis, 25 Oktober 1984 dengan susunan sebagai berikut:
A.Ketua : Sumarno, BA (Camat Karangdowo)
Wakil ketua : 1. Drs. IG. Sumarno
Komcat Golkar tingkat II Klaten
2. Sihmanto LH (Kades Munggung)
B.Sekretaris : 1. Sugito Joko Santosa (Kades Karangjoho)
2. Drs. Herman Suminto (Kades Karangdowo)
C.Bendahara : 1. B. Sutomo (Kades Bakungan)
2. Mulyadi BE (Kades Sentono)
D.Bagian pengadaan tanah
1.Gito Pawiro (Kades Tambak)
2.Darmo Wiyono (Kades Karangwungu)
II.Membuat surat permohonan paket UGB
SMA Negeri Karangdowo, yang ditujukan kepada menteri pendidikan dan kebudayaan, selanjutnya hari Sabtu, 27 Oktober 1984 diadakan pertemuan di rumah Bp. Winarno Amiseno (Solo).
Adapun hasilnya sebagai berikut :
1.Pentingnya keberadaan SMA di Karangdowo
2.Tersedianya tanah lokasi sekolah di Desa Sentono
3.Segera diadakan tindak lanjut persiapan pendirian SMA untuk Karangdowo.
Hari berikutnya, Minggu, 28 Oktober 1984 diadakan pemeriksaan sekolah oleh Bp. Winarno Amiseno. Senin, 29 Oktober 1984 pembuatan surat permohonan paket Unit Gedung Baru SMA Karangdowo bernomor : 01/Pdn.SMA/10/84 yang ditujukan MenDikBud di Jakarta.
Pada bulan April 1985 DIP Paket UGB SMA N Karangdowo telah turun dan diterima oleh Pemda tingkat II Klaten (Bp. Sumanto). DIP tersebut, direvisi dengan pengalihan paket untuk Kecamatan Jogonalan dengan alasan lebih strategis. Pengalihan paket tersebut kemudian ditanggapi oleh panitia dengan harapan tetap di Kecamatan Karangdowo. Kemudian diadakan pertemuan oleh panitia tersebut, dengan menambah personil panitia :
1.Bp. Bujo Mulyono (Kades Ngolodono)
2.Bp. Drs. Sudiono (Kepala SMPN 2 Karangdowo)
Keduanya tersebut masuk dalam seksi pengadaan tanah. Kemudian panitia segera menemui Bupati untuk menuntut UGB SMA tetap di Karangdowo, untuk hari berikutnya Bp.Ratno Subroto, BA (Tokoh masyarakat Sentono) beserta panitia, tetap meminta kepada Drs. Winarno Amiseno UGB Karangdowo untuk Karangdowo. Akhirnya Bapak Bupati berkenan mencabut revisinya atas permintaan Bp. Winarno Amiseno dengan catatan untuk tahun berikutnya diberikan kepada Jogonalan. Dengan keberhasilan tersebut maka tahun ajaran 1985/1986 panitia, diizinkan mulai menerima pendaftaran murid baru SMA N Karangdowo.
Murid kelas satu (I), pertama berjumlah 3 kelas, setiap kelas terdiri atas 40 orang siswa. Atas inisiatif Bp. Sihmanto sekolah untuk sementara waktu menempati lokasi di Desa Munggung, sambil menunggu pembangunan gedung sekolah yang diharapkan surat keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan RI turun bernomor : 0601/0/1985, tertanggal 22 November 1985, dengan demikian resmi SMA N Karangdowo telah berdiri bersamaan dengan 14 SMA lain di Jawa Tengah, maka tanggal 22 November 1985 diakui sebagai hari jadi berdirinya SMA Negeri 1 Karangdowo.
Para pejabat, kepala sekolah dari masa jabatan ke masa jabatan berikutnya sejak berdiri-sekarang :
1.Bp. Soepomo Adi BA masa jabatannya dari bulan Juli 1984-April 1987.
2.Bp. Slamet Widodo BA masa jabatanya dari bulan April 1987-Oktober 1989.
3.Bp. Zelan, masa jabatannya dari bulan Oktober 1989-April 1994.
4.Bp. Drs. Supito masa jabatannya dari bulan Mei 1994-April 1999.
5.Bp. Drs. Lasa masa jabatannya dari bulan April 1999-November 2001.
6.Bp. Drs. Sumarno masa jabatannya dari bulan November 2001- Oktober 2005.
7.Bp. Drs.Tantyo Hatmono, M.Pd masa jabatannya dari bulan Oktober 2005-April 2009.
8.Bp. Drs. Sahana masa jabatannya dari bulan April 2009-sekarang.

OK…itu tadi cerita singkat dari “Sejarah berdirinya SMA N 1 Karangdowo”. Dah pada paham…?? Sejarah ini sangatlah penting bagi kita semua (warga SMANKARDO), minimal kita harus tahu itu. So, kalau Aksi Lovers ditanya tengtang sejarah SMANKARDO, maka AKSI Lovers harus dapat menjawabnya dengan baik dan benar. Agar tidak malu-maluin diri sendiri dan sekolah. Warga SMAN 1 Karangdowo, kok gak tahu sejarahnya??!! “Apa kata Dunia…….?!!”

0 komentar:

Posting Komentar

MAJALAH AkSI © 2008 Template by:
SkinCorner